Pelatihan Aplikasi Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palangkaraya
JOGJA - Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pemerintahan dibutuhkan Proses Bisnis dan Sistem Informasi yang mendukung terlaksananya Good Governance. Implementasi E-Goverment pada pemerintah daerah berkaitan dengan pengembangan sistem informasi yang relevan dengan kebutuhan birokrasi dan administrasi Pemerintah Daerah sangat diperlukan. Sistem Informasi tersebut ditujukan untuk membantu manajemen dalam pemerintahan untuk mengatur hal-hal yang dapat dilakukan secara komputerisasi.
Dalam keterkaitannya dengan tugas Bappeda sebagai aparatur perencana pembangunan, diperlukan suatu sistem informasi yang mengimplementasikan proses perencanaan sehingga mampu mendorong peningkatan kinerja, memberikan kemudahan pada perencanaan dan konsolidasi data serta memudahkan konsistensi pengelolaan data perencanaan dan anggaran. Hal ini merupakan kaitan antara penggunaan sistem informasi dengan proses manajemen perencanaan daerah.
Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah atau yang disingkat dengan SIPPD adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan pada lingkungan Pemerintah Daerah Kota Palangkaraya, memudahkan dalam proses perencanaan pembangunan daerah dan penganggaran keuangan daerah dengan cepat, mudah, akurat serta up-to-date. Serta aplikasi ini saling terintegrasi satu dengan yang lain, mulai dari proses perencanaan hingga proses penganggaran. Lalu, sistem ini juga sudah terintegrasi dengan sistem SIMP3D-MONEV Kota Palangkaraya.
Dalam mencapai terlaksananya Good Governance Pemerintah Kota Palangkaraya bersama PT. Global Intermedia Nusantara selaku pengembang aplikasi mengadakan pelatihan aplikasi perencanaan pembangunan daerah yang bertempat di kantor BAPPEDA Kota Palangkaraya. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi perencanaan pembangunan ini dapat meningkatkan kualitas pembangunan dan tepat sasaran demi kemajuan wilayah Kota Palangkaraya. (GI/adm)