SI Basis Data Profil dan Potensi Desa (Integrasi Data RTS)

PENDAHULUAN

Dengan disyahkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, akan membuka pintu pembangunan langsung ke level Desa. dalam proses pembangunan tersebut, tidak lepas dari proses pelaporan kemajuan kegiatan. Pelaporan yang cepat, sumber informasi yang terpercaya, data yang terperinci (foto, denah, demografi, topografi dan lain-lain) menjadi lebih mudah dikirim dan ditampung dengan adanya implementasi Teknologi Informasi. Teknologi informasi dan komunikasi menjanjikan efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, jangkauan yang global dan transparansi. Oleh karena itu dalam era otonomi daerah ini salah satu upaya untuk mewujudkan  good governance adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi atau yang populer disebut e-Government.

Dalam abad ke-21 ini dimana informasi memegang peranan penting dari segenap kegiatan, apalagi bangsa indonesia akan memasuki era baru yang ditandai dengan keterbukaan dan pesaingan bebas. Era baru itu akan berpengaruh tidak saja di bidang ekonomi, tetapi juga dalam segi-segi kehidupan kita yang lebih luas lagi. Untuk menghadapinya, setiap orang dituntut untuk membangun ketangguhan nasional di segala bidang. Tentunya, ketangguhan nasional itu hanya mungkin terwujud jika semua pelaku pembangunan mempunyai kesiapan yang dapat diandalkan dan dipertanggungjawabkan.

Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang lebih baik atau pelayanan prima menjadikan Pemerintah Daerah mau tak mau harus mengikuti perkembangan teknologi yang menjanjikan efisiensi yang tinggi dan pelayanan yang lebih baik.

Dalam hal pembangunan dan pengembangan wilayah pedesaan, kebutuhan akan data seluruh desa menjadi hal vital. Pembangunan tanpa data menyebabkan  pembangunan tidak tepat sasaran, evaluasi berdasarkan indikator kinerja utama pembangunan tidak dapat dilakukan. Adanya Teknologi Informasi dengan Sistem Informasi yang tepat dapat memberikan detil informasi dalam bentuk visual maupun tekstual dari sebuah layar monitor maupun perangkat  bergerak tentang data potensi dan profil desa. Siapapun yang membutuhkan informasi tersebut dapat dapat mengaksesnya dengan mudah. Basis data Profil dan Potensi Data merupakan suatu kebutuhan guna pengenalan lebih dalam seluruh desa berdasarkan indikator yang telah ditetapkan dan menjadi wadah informasi masing-masing desa dalam melaksanakan agenda pembangunan.

Pembuatan Aplikasi Basis Data Profil dan Potensi Desa dilakukan karena beberapa hal, antara lain:

  1. Kebutuhan akan informasi yang akurat mengenai profil dan potensi seluruh Desa.
  2. Kebutuhan media sumber data yang terpercaya dan uptodate bagi internal Pemerintah Daerah, SKPD Pemberdayaan Masyarakat Desa, maupun masyarakat luas.
  3. Kebutuhan monitoring perkembangan program dan kegiatan pembangunan desa berdasarkan UU Pedesaan.
  4. Integrasi dan sinkronisasi database kemiskinan / RTS (Rumah Tangga Sasaran)

Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari pengembangan Aplikasi Basis Data Profil dan Potensi Desa adalah kemudahan dalam inventarisasi, visualisasi, pemutakhiran dan publikasi data-data dan potensi pedesaan guna membentuk sumber data terpercaya dan proses evaluasi keberhasilan pembangunan.

Manfaat

Manfaat utama yang diperoleh dari pengembangan Aplikasi Basis data Profil dan Potensi Desa adalah:

  1. Visualisasi data wilayah beserta informasi yang terkait dengan wilayah tersebut.
  2. Pengelolaan dan Manajemen Data profil dan Potensi Desa.
  3. Penyediaan Informasi yang informatif dan terkini.

Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan Implementasi Aplikasi Basis Data Profil dan Potensi Desa ini adalah:

  1. Instalasi Aplikasi, yaitu instalasi aplikasi ke komputer, laptop ataupun perangkat yang diperlukan tanpa batasan jumlah lisensi kepada pengguna di lingkungan instansi Pemerintahan Daerah.
  2. Pelatihan operator dan administrator, melakukan pelatihan bagi operator untuk pengperasian perangkat lunak dan administrator guna menunjang fungsi admin data dan aplikasi.
  3. Konfigurasi peralatan jaringan komputer, yaitu mengkonfigurasi, setting perangkat yang diperlukan guna mendukung kelancaran kerja menggunakan aplikasi perangkat lunak yang ada.
  4. Transfer ilmu kepada pengguna aplikasi, yaitu melakukan proses transfer ilmu troubleshooting kepada administrator guna mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang dimungkinkan muncul untuk dapat diselesaikan secara mandiri.

Fitur Aplikasi

Fitur Aplikasi Basis data Profil dan Potensi Desa ini adalah:

  1. Menampilkan data berdasarkan wilayah.
  2. Menampilkan informasi desa berdasarkan indikator-indikatornya.
  3. Integrasi pengecekan RTS (Rumah Tangga Sasaran).
  4. Dapat diinegrasikan dengan sistem GIS.
  5. Terdiri dari 2 sub sistem yaitu sistem front office dan back office.
  6. Dapat diakses dari perangkat mobil seperti iPad, Galaxy tab, sehingga memudahkan pemantauan data.

TEKNOLOGI

Teknologi yang digunakan dalam Aplikasi Basis data Profil dan Potensi desa ini antara lain:

  1. Teknologi Multiuser, yaitu memungkinkan aplikasi dapat bekerja untuk banyak pengguna dengan kewenangan yang telah ditentukan oleh Administrator dan bekerja pada satu basis data yang sama (collaboration).
  2. Teknologi Client-Server, yaitu aplikasi yang dijalankan dari Client dengan Sistem Basis Data berada pada Komputer Server. Hal ini dimaksudkan apabila sistem dijalankan pada banyak pengguna yang bekerjasama pada satu basis data.
  3. Dapat diintegrasikan dengan Sistem Informasi Geografis Profesional sperti ArcGIS maupun Google Earth.

IMPLEMENTASI

Sistem Informasi Basis Data Profil dan Potensi Desa adalah Aplikasi yang telah teruji dan ready-to-use sehingga Pemda dapat langsung menginstal aplikasi tanpa harus melalui tahap pengadaan jasa konsultasi pembuatan lagi. Dalam proses implementasi, kami menyediakan pendampingan penuh selama 3 bulan guna menjamin kelancaran implementasi, proses transfer ilmu kepada staff maupun SKPD yang mengimplementasikan sistem ini.

Suatu kemandirian dan pemahaman yang dalam mengenai sistem ini merupakan harapan bagi kami guna peningkatan SDM dan kemandirian kerja suatu Pemerintahan Daerah. Apabila diperlukan penambahan waktu untuk pendampingan, kami menyediakan staff untuk ditempatkan sesuai dengan keinginan Pemda.

BIAYA

Dalam hal biaya, kami bersifat flexible.

PENUTUP

Demikian proposal teknis dari Global Intermedia ini dibuat, semoga dengan di implementasikannya sistem ini akan memberikan manfaat bagi semua pihak.

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami:

 

PT. Global Intermedia Nusantara

Jl. Tamansiswa No. 125 Yogyakarta

Telp. (0274) 7104343

E-mail : info@gi.co.id

WebSite : www.gi.co.id

Contact Person

Yogyakarta

Eko Sutrisno - 08121561131

Samsu Priyo N - 08127643463

Produk Lainnya :